Scroll untuk baca artikel
Berita

Jokowi Dapat Sambutan Hangat dari Warga Indonesia di Australia

×

Jokowi Dapat Sambutan Hangat dari Warga Indonesia di Australia

Sebarkan artikel ini
Jokowi Dapat Sambutan Hangat dari Warga Indonesia di Australia
Jokowi Dapat Sambutan Hangat dari Warga Indonesia di Australia

Silvame.com, Australia- Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Sydney, Australia, setelah menempuh perjalanan selama tujuh jam. Kedatangan Jokowi disambut dengan antusias oleh warga diaspora Indonesia yang tinggal di sana. Momen tersebut menjadi pertemuan istimewa antara Jokowi dan para warga Indonesia yang berada di Australia.

Informasi yang diterima dari Biro Sekretariat Presiden menyebutkan bahwa Jokowi mendarat di Bandara Internasional Kingsford Smith Sydney, Australia, pada Senin (3/7/2024), pukul 20.45 waktu setempat.

Ketika pesawat Jokowi berhenti dengan mulus, Duta Besar RI untuk Australia, Siswo Pramono, serta Kepala Protokol Negara Australia, Gerard Martin, naik ke pesawat untuk menyambut Jokowi. Tampak pula Atase Pertahanan Republik Indonesia untuk Australia, Laksma TNI Anak Agung Oka Wirayudha, memberikan sambutan di bawah tangga pesawat.

Tak hanya itu, pihak Australia juga ikut menyambut kedatangan Presiden Jokowi. Duta Besar Australia untuk Indonesia, Penny Williams PSM, Menteri Industri dan Ilmu Pengetahuan Australia, Ed Husic MP, Deputi Sekretaris New South Wales, Christopher Sullivan, Menteri Urusan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif New South Wales, John Graham MLC, serta Direktur Protokol New South Wales, Lynne Bryne, turut hadir dalam acara penyambutan.

Dari bandara, Jokowi beserta rombongan melanjutkan perjalanan menuju hotel tempat menginap selama kunjungan di Sydney. Ketibaan Jokowi di hotel juga disambut oleh sejumlah menteri yang telah tiba lebih awal, seperti Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, dan Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan.

Di samping itu, para diaspora Indonesia yang berada di Australia juga turut memberikan sambutan hangat di hotel tersebut. Jokowi terlihat dengan ramah menyapa para diaspora dan memenuhi permintaan mereka yang ingin berfoto bersama.

“Tiba di Sydney malam ini setelah penerbangan selama tujuh jam dari Jakarta. Di hotel tempat kami menginap malam ini, sejumlah diaspora Indonesia memberikan sambutan hangat sambil menyanyikan lagu Dari Sabang Sampai Merauke,” tulis Jokowi dalam keterangan resmi.

Selama di Sydney, Jokowi dijadwalkan menghadiri rangkaian Annual Leaders’ Meeting 2023 bersama Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese, yang merupakan pertemuan rutin antara Indonesia dan Australia. Selain itu, Jokowi juga akan bertemu dengan Gubernur Jenderal Australia, David Hurley. Pertemuan-pertemuan ini menjadi momen penting untuk memperkuat hubungan antara kedua negara dan membahas isu-isu bilateral yang saling menguntungkan.