Scroll untuk baca artikel
BeritaPolitik

Sosok yang Paling Berpotensi Menjadi Cawapres Anies, Siapa yang Akan Dipilih?

×

Sosok yang Paling Berpotensi Menjadi Cawapres Anies, Siapa yang Akan Dipilih?

Sebarkan artikel ini
Sosok yang Paling Berpotensi Menjadi Cawapres Anies, Siapa yang Akan Dipilih?
Sosok yang Paling Berpotensi Menjadi Cawapres Anies, Siapa yang Akan Dipilih?

Silvame.com, Jakarta- Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang akan mendampingi Anies Baswedan dalam Pilpres 2024 mulai terungkap. Salah satu tokoh diyakini memiliki peluang terbesar untuk menjadi pasangan Cawapres Anies. Siapa dia?

Ahmad Ali, Wakil Ketua Umum Partai NasDem, mengungkapkan bahwa Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketua Umum Partai Demokrat, memiliki peluang besar untuk menjadi Cawapres Anies. Pernyataan ini dilontarkan oleh Ahmad Ali pada hari Sabtu lalu dan dikutip pada Senin (17/7/2023).

Namun, Ahmad Ali mempercayakan sepenuhnya kepada Anies untuk memilih sosok Cawapres yang akan menjadi pasangannya. Menurutnya, Anies pasti memiliki pertimbangan khusus dalam memilih calon Cawapres yang akan berjuang bersamanya dalam Pilpres 2024 mendatang.

“Kami konsisten memberikan mandat kepada Anies Baswedan untuk memilih Cawapresnya sendiri. Namun, keputusan yang diberikan dan orang yang ditunjuk harus bisa dijelaskan secara empiris dan saintifik mengapa memilih orang tersebut,” ujar Ahmad Ali.

Sebelumnya, telah beredar beberapa nama sebagai calon Cawapres Anies Baswedan. Selain AHY, Partai Demokrat juga mengusulkan beberapa calon Cawapres seperti Khofifah Indar Parawansa, Sandiaga Uno, Yenny Wahid, Andika Perkasa, Ahmad Heryawan, Ahmad Syaikhu, Salim Segaf Al-Jufri, dan Ridwan Kamil. Dari daftar nama tersebut, dua tokoh perempuan NU, yaitu Khofifah Indar Parawansa dan Yenny Wahid, disebut-sebut sebagai kandidat yang kuat untuk menjadi Cawapres Anies.

Namun, sinyal tentang kedua tokoh tersebut berubah. AHY dianggap sebagai calon Cawapres terkuat untuk Anies. AHY sendiri berharap deklarasi Cawapres Anies dapat segera diumumkan secara terbuka kepada publik.

“Saya berharap waktu yang tepat akan tiba, dan semoga tidak terlalu lama, artinya segera dapat dideklarasikan secara terbuka kepada seluruh rakyat Indonesia,” ujar AHY kepada wartawan di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, pada Jumat (14/7/2023).

“Saya selalu berpikir positif, dan saya selalu mempersiapkan diri dalam setiap tugas dan harapan rakyat. Itulah sebabnya saya memutuskan untuk mengakhiri pengabdian saya di TNI dan beralih ke dunia politik serta masyarakat, karena saya ingin mempersiapkan diri untuk menjadi bagian dari hal tersebut,” tambahnya.

Sinyal bahwa AHY akan menjadi Cawapres Anies semakin kuat setelah AHY menyambut kedatangan Anies Baswedan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta setelah pulang dari haji. AHY juga turut mengantarkan Anies saat berangkat haji.

“Menurut saya, itu adalah sebuah kode yang jelas bahwa AHY-lah yang paling mungkin, dan nama itu yang ada dalam pikiran Anies untuk menjadi pasangannya dalam Pilpres 2024 mendatang,” ungkap Adi Prayitno, Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, kepada wartawan pada Rabu (12/7/2023).