Scroll untuk baca artikel
Berita

Keluarga Perwira TNI-Polri Bergembira Hadiri Pelantikan di Depan Istana

×

Keluarga Perwira TNI-Polri Bergembira Hadiri Pelantikan di Depan Istana

Sebarkan artikel ini
Keluarga Perwira TNI-Polri Bergembira Hadiri Pelantikan di Depan Istana
Keluarga Perwira TNI-Polri Bergembira Hadiri Pelantikan di Depan Istana

Silvame.com, Jakarta- Suasana istimewa terlihat Pelantikan di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat, saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik 833 perwira TNI dan Polri. Acara yang berlangsung di halaman Istana ini berhasil menarik perhatian banyak keluarga dari para perwira yang dilantik.

Pantauan kami di lokasi mengungkapkan betapa antusiasnya keluarga perwira yang hadir pada Rabu pagi ini. Mereka memadati area luar Istana, memamerkan kebahagiaan dengan penuh kebanggaan. Mayoritas tamu undangan tampil dalam balutan pakaian formal, seperti batik, jas, dan kebaya, menambahkan nuansa khusus dalam momen bersejarah ini.

Tidak hanya sekadar menyaksikan pelantikan, sebagian keluarga tampak membawa buket bunga sebagai tanda ucapan selamat untuk para anggota TNI dan Polisi yang baru saja meraih jabatan barunya.

Dalam rangka melancarkan jalannya upacara pelantikan, pihak keamanan menutup Jalan Medan Merdeka Utara untuk kendaraan bermotor. Meski menyebabkan sedikit gangguan lalu lintas, langkah ini memungkinkan warga untuk bebas berjalan kaki dari area Monas menuju Istana Merdeka.

Sangat patut disoroti bahwa 833 perwira yang dilantik pada acara tersebut terdiri dari lulusan terbaik 2023 dari Akademi Militer, Akademi Angkatan Laut, Akademi Angkatan Udara, dan Akademi Kepolisian. Upacara Prasetya Perwira (Praspa) berlangsung meriah di halaman Istana dan dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi.

“Acara pelantikan hari ini berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 52 TNI Tahun 2023 dan Nomor 53 Polri Tahun 2023 tentang Pengangkatan Taruna dan Taruni Akademi TNI dan Akademi Kepolisian Menjadi Perwira TNI dan Perwira Kepolisian RI,” ucap Jokowi saat memberikan sambutan pada upacara tersebut.

Tak hanya itu, pada kesempatan yang berbahagia ini, Presiden Jokowi juga memberikan penghargaan Adhi Makayasa kepada empat perwira TNI dan Polri dengan prestasi luar biasa.

Tidak hanya Presiden Jokowi yang hadir, acara bersejarah ini juga dihadiri oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menko Polhukam Mahfud Md, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Seskab Pramono Anung, serta Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Momen pelantikan ini menjadi bukti nyata betapa pentingnya peran TNI dan Polri dalam menjaga keamanan dan kedaulatan negara. Semoga para perwira yang dilantik dapat mengemban tugas dan amanah dengan sebaik-baiknya untuk kemajuan bangsa dan negara. Selamat kepada para perwira yang telah dilantik!