Scroll untuk baca artikel
Berita

Fajri, Pria Obesitas dengan Bobot 300 Kg, Telah Meninggal Dunia

×

Fajri, Pria Obesitas dengan Bobot 300 Kg, Telah Meninggal Dunia

Sebarkan artikel ini
Fajri, Pria Obesitas dengan Bobot 300 Kg, Telah Meninggal Dunia
Fajri, Pria Obesitas dengan Bobot 300 Kg, Telah Meninggal Dunia

Silvame.com, Jakarta- Fajri (27), seorang pria yang menderita kelebihan berat badan atau obesitas hampir mencapai 300 kilogram, telah meninggal dunia.

Kabar sedih ini telah dikonfirmasi oleh Uud, Koordinator Hukum, Organisasi, dan Humas Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, pada Kamis (22/6/2023).

Sebelum meninggal, pemuda yang berasal dari Kota Tangerang ini menjalani perawatan di RSCM Jakarta.

“Kabar meninggal dunia ini benar,” kata Uud saat dihubungi oleh Kompas.TV pada hari Kamis.

“Informasi resmi akan dirilis oleh rumah sakit,” tambahnya.

Sebelumnya, Fajri, seorang pria obesitas dengan berat badan hampir mencapai 300 kilogram, telah terbaring di tempat tidurnya selama 8 bulan tanpa bisa melakukan kegiatan apa pun.

Pada Jumat malam (9/6/2023), Fajri dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Pusat Nasional dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

Fajri menerima perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) karena mengalami gangguan organ dalam.

Untuk merawat Fajri, RSCM harus melibatkan 14 dokter dan menyediakan ruangan khusus mengingat ukuran tubuh Fajri yang besar. Selain itu, RSCM juga akan mempersiapkan peralatan medis khusus untuk Fajri.

“Kami tidak bisa merawat di ruang biasa, menyiapkan ruang khusus satu ruangan untuk pasien dan tidak bisa di tempat tidur. Alat-alat untuk ICU-nya kita tarik ke sana. Memodifikasi ruangannya,” kata Direktur RSCM Jakarta dr Lies Dina Liastuti, Rabu (14/6/2023).

Sebelumnya, dr. O.U Taty Damayanti, Direktur Utama RSUD Kota Tangerang, telah menyebutkan kemungkinan penyebab obesitas yang dialami oleh Fajri.

Menurut penjelasannya, Fajri sudah memiliki potensi obesitas, namun karena kurangnya aktivitas, berat badannya terus bertambah.

“Secara urutan kronologis, 8 bulan terakhir ini Fajri terbujur di kasur tidak bisa beraktivitas apa-apa. Sebelumnya, potensi obesitas sudah ada karena bobot tubuhnya sudah di angka 120 kilogram, pada 8 bulan lalu,” ujar Taty pada Jumat (9/6/2023).

“Karena tidak ada aktivitas, berbaring saja, berat badannya terus meningkat hingga diperkirakan melebihi 250 kilogram saat ini,” tambahnya.