Scroll untuk baca artikel
Berita

Bali Tower Bantah Tudingan Kelalaian Dalam Insiden Kabel Menjuntai

×

Bali Tower Bantah Tudingan Kelalaian Dalam Insiden Kabel Menjuntai

Sebarkan artikel ini
Bali Tower Bantah Tudingan Kelalaian Dalam Insiden Kabel Menjuntai
Bali Tower Bantah Tudingan Kelalaian Dalam Insiden Kabel Menjuntai

Silvame.com, Jakarta- Sebuah kecelakaan mengerikan menimpa seorang mahasiswa bernama Sultan Rif’at Alfatih di Jl Pangeran Antasari, Jakarta Selatan pada 5 Januari 2023. Akibatnya, hidup Sultan selama tujuh bulan terakhir tidak lagi normal. Peristiwa ini terjadi ketika Sultan dan teman-temannya dari SMA sedang mengendarai motor pukul 22.00 WIB.

Penyebab kecelakaan tersebut terungkap belakangan bahwa kabel yang menjuntai dan terjerat di mobil Sultan adalah milik PT Bali Towerindo Sentra Tbk atau Bali Tower. Kabel fiber optik yang menggantung itu mengakibatkan kecelakaan tragis saat mobil Sultan tertarik oleh kabel dan kemudian memantul, menyebabkan cedera serius di leher dan tenggorokan Sultan.

Sultan seketika kehilangan kesadaran dan mengalami putus tulang tenggorokan serta saluran makan. Upaya medis telah dilakukan, namun sampai saat ini, Sultan tidak dapat berbicara dan mengalami kesulitan makan dan minum dengan normal. Paru-parunya juga terdampak akibat insiden ini, menyebabkan berat badannya turun drastis. Saat ini, Sultan sedang dirawat di RS Polri untuk perawatan lebih lanjut.

Dalam sebuah jumpa pers di Jakarta Pusat, Kuasa hukum PT Bali Towerindo, Maqdir Ismail, menyampaikan kronologi versi perusahaan mengenai kejadian tersebut. Menurut Maqdir, kronologi tersebut diperoleh dari hasil investigasi internal Bali Tower.

Maqdir awalnya memperlihatkan cuplikan video animasi yang menggambarkan kejadian pada hari peristiwa itu terjadi. Ia juga memperlihatkan gambar posisi kabel fiber optik dari tahun ke tahun sebagai bukti.

“Kira-kira seperti ini posisi sebelum kejadian. Sejak September 2017 hingga Oktober 2022, posisi kabel fiber optik masih tertata dengan baik dan rapi,” ujar Maqdir dalam jumpa pers tersebut.

“Pada November 2022, kondisinya juga masih bagus dan tertata rapi dengan ketinggian kabel sekitar 5,5 meter. Jadi, sangat jauh dari posisi saat orang membawa motor,” tambahnya.

Dalam cuplikan video versi Bali Tower, terlihat sebuah kendaraan bermuatan tinggi melintasi kawasan tersebut. Bali Tower menduga kabel fiber optik tertarik oleh muatan kendaraan tersebut.

“Diduga tiang fiber optic tertarik oleh kendaraan bermuatan tinggi. Dalam kondisi ini, gaya tahanan pondasi mampu menahan tarikan sehingga beban tarik terbesar jatuh pada tiang, mengakibatkan tiang bengkok,” jelas keterangan dalam video tersebut.

Dampaknya, beberapa kabel fiber optik kemudian menjuntai ke arah jalanan. Bali Tower juga memperlihatkan bahwa ada sebuah mobil SUV yang melintas melewati kabel yang menjuntai tersebut. Di belakang mobil tersebut, terlihat Sultan yang mengendarai motornya.

“Diduga kabel FO #1 dan #2 tertabrak oleh mobil jenis SUV, kemudian kabel terdorong dan terlepas,” bunyi keterangan dalam video.

“Pihak kami juga menduga kabel FO #1 dan #2 kemudian terlepas dari mobil SUV dan menghantam pengendara sepeda motor,” tambah pernyataan dari pihak Bali Tower.

Sementara pihak Sultan dan keluarganya masih mengevaluasi pernyataan dari Bali Tower, kecelakaan ini telah memberikan dampak yang sangat serius bagi kehidupan Sultan. Semoga semua pihak dapat menarik pelajaran dari insiden ini untuk meningkatkan keselamatan dan kewaspadaan dalam menggunakan jaringan kabel di sekitar jalan raya.