Scroll untuk baca artikel
BeritaBola

Babak Semifinal UEFA: Belanda vs Kroasia dan Spanyol vs Italia

×

Babak Semifinal UEFA: Belanda vs Kroasia dan Spanyol vs Italia

Sebarkan artikel ini
Babak Semifinal UEFA: Belanda vs Kroasia dan Spanyol vs Italia
Babak Semifinal UEFA: Belanda vs Kroasia dan Spanyol vs Italia

Silvame.Com, Semifinal UEFA – Ajang UEFA Nations League 2022-2023 telah memasuki babak semifinal yang berhasil digapai oleh Kroasia, Belanda, Spanyol, dan Italia. Keempat tim tersebut masing-masing berhasil menjadi yang terbaik di fase grup, menempati peringkat pertama di Grup A1 hingga A4.

Kesempatan untuk meraih gelar baru terbuka setelah Portugal dan Prancis, juara edisi sebelumnya, gagal melaju ke laga final. Prancis tidak berhasil mencatatkan prestasi yang membanggakan di Grup A1 yang akhirnya dikuasai oleh Kroasia. Sementara itu, Portugal hanya berselisih satu poin dari Spanyol di Grup A2.

Babak Semifinal UEFA: Belanda vs Kroasia dan Spanyol vs Italia
Babak Semifinal UEFA: Belanda vs Kroasia dan Spanyol vs Italia

Jadwal Belanda vs Kroasia dan Spanyol vs Italia

Semifinal UEFA, Laga antara Belanda vs Kroasia akan digelar pada Kamis (15/6/2023) dini hari WIB, sementara Spanyol vs Italia akan berlangsung pada Jumat (16/6/2023) dini hari WIB.

Sejarah Keberhasilan Empat Negara Semifinal di UEFA

Berikut ini adalah fakta menarik seputar keberhasilan Kroasia, Belanda, Spanyol vs Italia mencapai Semifinal UEFA Nations League, seperti dilansir dari laman resmi UEFA:

Kroasia:

Kroasia memulai langkah mereka di Grup A1 UEFA Nations League dengan hasil yang memalukan, kalah 0-3 dari Austria pada 3 Juni 2022, sebelum bermain imbang 1-1 melawan Prancis tiga hari kemudian. Namun, mereka berhasil membaik dengan mengalahkan Denmark dan Prancis dengan skor 1-0, serta meraih kemenangan 2-1 atas Denmark dan 3-1 atas Austria pada laga-laga berikutnya. Luka Modric tetap menjadi pemain kunci, mencetak lebih dari satu gol dalam edisi UEFA Nations League kali ini. Pelatih Zlatko Dalic diharapkan dapat memberikan kejutan kepada lawan mereka, Belanda, pada laga semifinal.

Spanyol:

Spanyol berada di Grup A2 dan melalui perjalanan yang tidak mudah sebelum mencapai semifinal. Mereka bermain imbang 1-1 melawan Portugal dan 2-2 melawan Republik Ceko dalam dua pertandingan awal. Pada laga ketiga, Spanyol berhasil meraih kemenangan 1-0 atas Swiss, diikuti dengan kemenangan 2-0 atas Republik Ceko, tetapi kemudian kalah 1-2 dari Swiss dalam laga kelima. Kemenangan 1-0 melawan Portugal pada laga terakhir membuat Spanyol memimpin klasemen dan berhak melaju ke semifinal. Gavi menjadi pencetak gol termuda sepanjang masa bagi Spanyol dalam momen semifinal UEFA Nations League, mengalahkan rekor Ansu Fati.

Italia:

Italia menghadapi tim-tim kuat dalam Grup A3, seperti Inggris, Jerman, dan Hungaria yang tampil mengejutkan. Dalam tiga laga awal, Italia bermain imbang 1-1 melawan Jerman, meraih kemenangan 2-1 atas Hungaria, dan bermain imbang 0-0 dengan Inggris. Mereka mengalami kekalahan 2-5 dari Jerman sebelum memenangkan laga 1-0 atas Inggris dan 2-0 atas Hungaria, yang memastikan mereka melaju ke semifinal. Marco Verratti tetap menjadi andalan di lini tengah tim yang dilatih oleh Roberto Mancini, sementara Mateo Retegui menjadi wajah baru di lini depan. Pemain Pasquale Mazzocchi tampil dalam laga terakhir melawan Hungaria dan menjadi debutan ke-51 di bawah asuhan Roberto Mancini, hanya Arrigo Sacchi yang memberikan lebih banyak kesempatan debut dengan 55 kali.

Belanda:

Belanda berhasil mendominasi Grup A4 dengan meraih dua kemenangan beruntun atas Belgia (4-1) dan Wales (2-1), sebelum bermain imbang 2-2 melawan Polandia pada laga ketiga. Namun, mereka berhasil memenangkan tiga laga berikutnya melawan Wales (3-2), Polandia (2-0), dan Belgia (1-0). Ronald Koeman menjadi pelatih Belanda yang menggantikan Louis van Gaal, dan Virgil van Dijk tetap menjadi andalan di lini belakang. Menariknya, Belanda gagal mencatatkan clean sheet pada tahun 2022, hingga Remko Pasveer menjadi kiper yang tidak kebobolan dalam dua laga terakhir.