Scroll untuk baca artikel
Berita

AlphaTauri Umumkan Daniel Ricciardo sebagai Pengganti Nyck de Vries di Grand Prix Hungaria

×

AlphaTauri Umumkan Daniel Ricciardo sebagai Pengganti Nyck de Vries di Grand Prix Hungaria

Sebarkan artikel ini
AlphaTauri Umumkan Daniel Ricciardo sebagai Pengganti Nyck de Vries di Grand Prix Hungaria
AlphaTauri Umumkan Daniel Ricciardo sebagai Pengganti Nyck de Vries di Grand Prix Hungaria

Silvame.com, Jakarta- Daniel Ricciardo akan menggantikan Nyck de Vries di Scuderia AlphaTauri mulai balapan Formula 1 Grand Prix Hungaria di Sirkuit Hungaroring, Budapest, yang akan berlangsung pada 21-23 Juli 2023. Keputusan ini menandai kembalinya Ricci  ardo setelah absen sejak awal tahun ini.

De Vries bergabung dengan AlphaTauri pada awal musim ini sebagai debutan, namun penampilannya belum memberikan hasil yang memuaskan. Hasil terbaiknya hanyalah finis ke-12 di Grand Prix Monako. Kinerjanya yang kurang memuaskan memicu kritik tajam dari Penasihat Red Bull, Dr. Helmut Marko.

Rumor tentang pemecatan De Vries dari AlphaTauri mulai mencuat sejak Grand Prix Austria pada awal bulan ini. Meskipun demikian, Red Bull dan AlphaTauri terus membantahnya, meski Marko terus melontarkan kritik terhadap pembalap asal Belanda keturunan Indonesia tersebut.

Sebelumnya, Ricciardo memilih untuk absen dalam balapan setelah didepak oleh tim McLaren F1 setahun lebih awal dari akhir kontraknya musim lalu. Ia kemudian menerima tawaran dari Oracle Red Bull Racing untuk menjadi pembalap ketiga atau pembalap cadangan.

Selama berperan sebagai pembalap cadangan, Ricciardo telah melakukan beberapa tes simulasi di Milton Keynes, Inggris, dan mengikuti tes Pirelli di Silverstone pada Senin (10/7/2023). Waktunya yang cepat dalam tes ini dianggap memadai untuk memulai balapan dari posisi depan di Grand Prix Inggris yang berlangsung sehari sebelumnya.

Hari setelah tes tersebut, tepatnya pada Selasa (11/7/2023), AlphaTauri secara resmi mengumumkan pemecatan De Vries dan menunjuk Ricciardo sebagai penggantinya untuk sisa musim ini. Pembalap asal Australia ini akan berpasangan dengan Yuki Tsunoda.

Ricciardo sebelumnya juga pernah menjadi pembalap AlphaTauri pada 2012-2013, saat tim yang berbasis di Faenza, Italia, itu masih dikenal dengan nama Scuderia Toro Rosso. Pada tahun 2014, ia dipromosikan ke Red Bull Racing sebagai pengganti Mark Webber yang telah pensiun.

Franz Tost, Team Principal AlphaTauri, menyambut gembira kembalinya Ricciardo ke timnya. Ia mengatakan, “Saya sangat senang menyambut Daniel kembali ke tim kami. Keahlian mengemudinya tidak diragukan lagi, dan ia sudah akrab dengan banyak orang di tim kami. Integrasi dengan tim akan berjalan dengan lancar. Kami juga akan mendapatkan banyak manfaat dari pengalamannya yang telah memenangkan delapan balapan F1.”

Sebelum kembali ke Red Bull, Ricciardo pernah membela tim Renault F1 pada 2019-2020 dan McLaren F1 pada 2021-2022. Kemenangan terakhirnya dicatat saat ia memenangi Grand Prix Italia bersama McLaren pada 2021.