Scroll untuk baca artikel
Berita

Warung Mak Beng, Ikon Kuliner Bali yang Mendunia dengan Peringkat Tiga Terbaik

×

Warung Mak Beng, Ikon Kuliner Bali yang Mendunia dengan Peringkat Tiga Terbaik

Sebarkan artikel ini
Warung Mak Beng, Ikon Kuliner Bali yang Mendunia dengan Peringkat Tiga Terbaik
Warung Mak Beng, Ikon Kuliner Bali yang Mendunia dengan Peringkat Tiga Terbaik

Silvame.com, Bali- TasteAtlas baru saja merilis daftar 150 restoran paling legendaris di dunia tahun 2023. Dalam daftar tersebut, Warung Mak Beng berhasil menduduki peringkat ketiga. Restoran pertama dihuni oleh Figlmüller di Austria, sedangkan peringkat kedua ditempati oleh Katz’s Delicatessen di New York, Amerika Serikat.

Warung Mak Beng didirikan pada tahun 1941 oleh Ni Ketut Tjuki dan suaminya I Putu Gede Wirya (dikenal juga sebagai Nyoo Tik Gwan). Warung ini dikenal dengan sambal khas yang pertama kali diperkenalkan oleh mertua Mak Beng dan menjadi ciri khas sejak awal berdirinya.

Lokasi Warung Mak Beng berada di Jl. Hang Tuah No. 45, Sanur, Denpasar, Bali. Warung makan ini telah menjadi salah satu tempat yang legendaris di Bali. Sebelum dikenal sebagai tempat yang populer dikunjungi oleh turis lokal maupun mancanegara, warung ini dulunya lebih terkenal sebagai tempat singgah sopir bemo.

Warung Mak Beng menawarkan menu andalan berupa sup kepala ikan dan ikan goreng. Jenis ikan yang digunakan bervariasi tergantung ketersediaan, seperti tongkol, kakap, tenggiri, dan jenis ikan lainnya yang merupakan hasil tangkapan nelayan setempat di Sanur dan sekitar Bali.

Keistimewaan ikan goreng di Warung Mak Beng terletak pada teksturnya yang renyah di luar, namun tetap lembut dan tidak keras di dalam. Tekstur ikan yang khas ini tidak memiliki aroma yang mengganggu. Ditambah lagi dengan sambal terasi khas Mak Beng yang bikin ketagihan.

Selain itu, Warung Mak Beng juga menawarkan sup ikan sebagai pelengkap hidangan. Sup ini dimasak dengan menggunakan bumbu-bumbu tradisional Bali yang membuat rasanya begitu lezat tanpa bau amis yang mengganggu. Di dalam sup, terdapat tambahan belimbing wuluh dan mentimun untuk memberikan cita rasa yang lebih segar.

Harga satu porsi hidangan di Warung Mak Beng adalah Rp 55.000 per paket, belum termasuk minuman. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 22.00 Wita. Jam paling ramai pengunjung biasanya antara pukul 14.00 hingga 19.00 Wita. Disarankan untuk menghindari jam-jam tersebut agar tidak perlu mengantri terlalu lama.

TasteAtlas merupakan situs panduan kuliner online yang didirikan oleh Matija Babic, seorang jurnalis dan pengusaha asal Kroasia. Situs ini menyajikan informasi mengenai makanan-makanan khas dari berbagai belahan dunia.