Scroll untuk baca artikel
Tak Berkategori

Gibran Sarapan Bareng Anies Baswedan,Apa Salahnya?

×

Gibran Sarapan Bareng Anies Baswedan,Apa Salahnya?

Sebarkan artikel ini
Gibran Sarapan Bareng Anies Baswedan,Apa Salahnya?
Gibran Sarapan Bareng Anies Baswedan,Apa Salahnya?

Silvame.com, Jakarta- Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Solo sekaligus politikus PDI-P, mengungkapkan bahwa beberapa waktu lalu ia mendapat kritikan dari banyak pihak karena menjamu calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan, pada bulan November 2022. Dalam sebuah wawancara di program Rosi yang disiarkan oleh Kompas TV pada Kamis malam, 27 Juli 2023, Gibran menyampaikan bahwa orang-orang yang keberatan itu mempertanyakan mengapa gibran sarapan bersama Anies. Namun, Gibran dengan tegas mempertahankan tindakannya dan bertanya, “Loh ya kenapa enggak? Apa salahnya? Pak Anies juga orang baik, kan?”

Ia menegaskan bahwa sikap baiknya terhadap semua orang termasuk tiga bakal calon presiden yang disebut-sebut akan maju dalam Pemilihan Presiden 2024, yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto (Ketua Umum Partai Gerindra), dan Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah), tidak berarti ia secara otomatis mendukung salah satu di antara mereka. Gibran menjelaskan bahwa ketiga calon tersebut adalah figur senior di dunia politik, dan sikap baiknya kepada mereka adalah sebagai bentuk penghormatan serta kesempatan untuk belajar dari pengalaman mereka. “Kalau saya baik dengan semua, jangan diartikan terus saya dukung ini, dukung itu. Intinya saya dekat dengan semua. Dan beliau-beliau ini kan senior ya. Saya harus banyak belajar dengan beliau-beliau,” ujar Gibran.

Meskipun Gibran mengakui kedekatannya dengan Ganjar lebih daripada dengan Anies atau Prabowo, hal ini dapat dimaklumi karena Ganjar adalah Gubernur Jawa Tengah dan mereka seringkali berhubungan dalam kapasitas pemerintahan sebagai Wali Kota Solo. Namun, Gibran menekankan bahwa ia akan dengan senang hati menyambut semua tokoh yang datang ke Solo, termasuk Anies, meskipun ia memiliki hubungan yang lebih dekat dengan Ganjar. “Tapi sekali lagi, intinya, kalau ada senior ataupun ada menteri siapapun yang ke Solo, pasti saya sambut. Pasti saya jemput. Kalau ada waktu, pasti saya ajak makan. Tidak berlaku hanya untuk 1 atau 2 orang saja. Semua. Pak Anies juga,” tegas Gibran.

Pada tanggal 15 November 2022 lalu, Anies Baswedan, mantan Gubernur DKI Jakarta, pernah sarapan bersama Gibran Rakabuming Raka di Hotel Novotel Solo, Jawa Tengah. Anies menyatakan bahwa pertemuan tersebut adalah bagian dari silaturahmi dan ia juga memberikan pujian untuk kemajuan Solo di bawah kepemimpinan Gibran. Namun, Anies membantah bahwa ada pembicaraan politik khusus yang terjadi selama sarapan tersebut, ia menjelaskan bahwa mereka hanya mengobrol santai sembari menikmati sarapan sambil menjalin silaturahmi.